Kamis, 29 Mei 2014

4 Cara istirahatkan otak saat alami insomnia

Banyak hal yang bisa menyebabkan insomnia, salah satunya adalah otak yang masih aktif saat seharusnya sudah tenang dan beristirahat. Hal ini bisa jadi karena Anda bekerja di malam hari atau bekerja lembur hingga waktu tidur.

Selain itu, memikirkan beberapa masalah yang sedang dihadapi atau stres juga bisa menyebabkan otak terus aktif saat waktu tidur. Meski tubuh Anda sudah lelah, otak yang aktif akan membuat Anda terus terjaga dan sulit untuk terlelap.

Namun jangan khawatir, berikut adalah beberapa cara 'mematikan' otak saat akan tidur, menenangkannya, dan membuat otak beristirahat sehingga Anda bisa beristirahat dengan tenang. Untuk membuat otak beristirahat, ikuti langkah-langkah ini, seperti dilansir oleh Huffington Post (23/04).

1. Beri jeda antara waktu kerja dan waktu tidur
Salah satu penyebab otak susah beristirahat adalah waktu kerja yang terlalu mepet dengan waktu istirahat. Sehingga ketika Anda bersiap untuk tidur, otak masih aktif dan berada dalam mode bekerja. Masalahnya, otak tak bisa serta merta dimatikan dan dihidupkan seperti sakelar lampu. Otak membutuhkan waktu untuk merasa tenang dan bisa beristirahat.

Untuk itu, berikan jeda antara waktu kerja dengan waktu tidur. Setidaknya satu jam sebelum tidur Anda sudah menyelesaikan semua pekerjaan. Kemudian Anda bisa mengistirahatkan tubuh dan otak. Matikan juga semua alat elektronik seperti televisi, radio, komputer, tablet, atau telepon genggam. Matikan atau redupkan lampu kamar, dan biarkan pikiran Anda tenang.

2. Bangun dari tempat tidur
Berada di tempat tidur dengan otak yang masih aktif akan mengajarkan tubuh dan pikiran Anda untuk membiasakan diri bahwa tempat tidur adalah tempat untuk berpikir dan bangun. Untuk itu, jangan biasakan diri tetap terjaga di tempat tidur untuk memikirkan banyak hal, mulai dari pekerjaan hingga masalah yang membuat Anda stres.

Jika otak masih sangat aktif saat berada di tempat tidur, bangun dari kasur, kemudian pindah ke ruangan lain yang lebih tenang. Redupkan lampu di ruangan tersebut kemudian lakukan hal-hal yang menenangkan Anda seperti mendengarkan musik yang membuat mengantuk atau bermeditasi. Bangun dari tempat tidur akan membantu menghentikan 'kekacauan' yang ada di otak Anda. Cara ini diketahui efektif untuk membuat otak lebih tenang dan siap untuk tidur.

3. Fokus pada gambaran mental
Percaya atau tidak, menghitung domba adalah salah satu cara yang ampuh untuk membuat mengantuk, terutama jika insomnia disebabkan oleh otak yang terlalu aktif. Fokuskan otak untuk membayangkan gambaran benda yang akan Anda hitung. Kemudian mulai berhitung. Selanjutnya lakukan penghitungan dengan mengulang-ngulang nama benda tersebut. Ini akan membuat otak kehilangan fokus dan mudah untuk terlelap.

4. Menghilangkan kekhawatiran
Beberapa hal yang membuat otak sangat aktif saat waktu tidur adalah banyaknya masalah yang dihadapi seseorang. Masalah ini bisa disebabkan oleh hal-hal yang membuat cemas dan khawatir. Meski begitu, Anda harus bisa membedakan kecemasan yang produktif dan yang tidak. Untuk itu, sebelum waktu tidur, sebaiknya sempatkan diri untuk membuat daftar mengenai kecemasan yang dimiliki. Jangan tidur dengan kecemasan yang campur aduk dan membuat Anda semakin sulit terlelap.

Bedakan antara kecemasan yang produktif yaitu dengan menulis solusi-solusinya. Sementara kecemasan yang tak produktif sebaiknya dihilangkan dari pikiran agar tak membebani Anda saat akan tidur.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengistirahatkan otak jika mengalami insomnia. Otak akan tetap aktif jika Anda gunakan terus-menerus, mulai dari berpikir untuk pekerjaan hingga memikirkan kecemasan dan masalah yang dihadapi. Istirahatkan otak terlebih dahulu dengan cara di atas untuk bisa tertidur dengan nyenyak.
sumber http://www.merdeka.com/sehat/4-cara-istirahatkan-otak-saat-alami-insomnia.html
Untuk tips cepat hamil bisa mampir web ini rahasia cepat hamil  makasih. aamiin