Kamis, 29 Mei 2014

5 Manfaat sehat melakukan yoga saat hamil

Yoga adalah salah satu bentuk olahraga yang membuat tubuh tetap fit, atletis, fleksibel dan sekaligus memberikan ketenangan pada mental. Selama ini yoga diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan untuk siapa saja, baik untuk anak-anak, remaja, orang tua, termasuk juga wanita yang sedang hamil.

Melakukan yoga saat hamil atau setelah melahirkan juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan yoga saat hamil, seperti dilansir oleh Mag for Women.

1. Membuat tenang
Kehamilan terkadang bisa membuat calon ibu merasa cemas. Ketika hamil ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh wanita dan seringkali hal ini tak bisa dimengerti oleh orang lain. Untuk itu, ibu hamil memerlukan ketenangan setiap hari. Melakukan yoga bisa membantu meredakan rasa cemas secara emosi dan tekanan yang dialami oleh tubuhnya. Yoga akan membuat saraf menjadi lebih tenang.

2. Menguatkan tubuh
Ibu hamil tentunya harus berhati-hati jika ingin melakukan olahraga seperti biasa. Untuk itu, seringkali mereka menjadi jarang berolahraga. Yoga bisa menggantikan olahraga yang mereka lakukan sehari-hari. Anda tak perlu bergerak terlalu ekstrem dan tidak perlu terlalu lelah. Yoga juga membantu ibu hamil untuk menjaga kebugaran dan menguatkan tubuh mereka.

3. Mempererat hubungan ibu dan janin
Yoga tak selalu berkaitan dengan gerakan yang terlalu lentur atau gerakan yang sulit. Yoga juga tentang menjaga ketenangan pikiran dan mengelola emosi. Melakukan yoga juga membuat ibu hamil bisa terhubung dengan janin yang ada dalam dirinya dan merasakan gerakan janin dalam rahim dengan sangat dekat.

4. Baik untuk kesehatan janin
Ketika ibu hamil bebas dari rasa cemas, merasa tenang, dan sehat, tentunya janin dalam kandungan juga bisa tumbuh dengan baik. Melakukan yoga sebelum melahirkan juga bisa memberikan banyak manfaat bagi bayi yang belum lahir. Namun sebelumnya sebaiknya lakukan konsultasi dulu dengan dokter.

5. Meningkatkan sirkulasi darah
Yoga juga bisa meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh, terutama ketika sedang hamil. Melakukan yoga saat hamil juga menguatkan otot serta membuat otot menjadi lebih fleksibel. Hal ini dibutuhkan oleh ibu hamil agar bisa melahirkan dengan lancar.

Itulah beberapa manfaat melakukan yoga saat hamil. Tentu sebelum mulai melakukan yoga, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter untuk mengetahui jenis yoga apa yang aman dan bermanfaat untuk dilakukan.
sumber http://www.merdeka.com/sehat/5-manfaat-sehat-melakukan-yoga-saat-hamil.html
cara cepat untuk hamil bisa di baca di blog ini cara cepat untuk hamil semoga hari anda menyenangkan. aamiin