Kamis, 29 Mei 2014

7 Manfaat pijat rutin untuk kesehatan

Bukan rahasia lagi bahwa melakukan pijat bisa membuat seseorang lebih tenang dan menghilangkan pegal-pegal. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya pijat memiliki lebih banyak manfaat daripada hanya menghilangkan pegal-pegal dan menenangkan pikiran.

Terapi pijat juga bisa melancarkan aliran darah dan menghilangkan rasa sakit setelah berolahraga, berdasarkan penelitian terbaru. berikut adalah beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan dengan melakukan pijat, seperti dilansir oleh Huffington Post (21/04).

1. Mengurangi rasa sakit
sebuah penelitian tahun 2011 menemukan bahwa melakukan pijat bisa menghilangkan rasa sakit pada punggung dan pinggang bagian belakang. Tak hanya itu, pijat juga meningkatkan fungsi tubuh menjadi lebih baik. Dan Cherkin, ketua peneliti dari penelitian tersebut mengungkap bahwa pijat memiliki efek yang sama besarnya engan akupunktur dan bat-obatan, serta yoga untuk tubuh bagan belakang.

2. Membantu tidur lebih nyenyak
Terapi pijat juga bisa meningkatkan kualitas tidur, berdasarkan penelitian dari Miami University's Touch Research Institute. Pijat membantu orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur lebih nyenyak dan membuat orang tidur lebih lama.

3. Mencegah demam
Sebuah penelitian pada tahun 2010 juga mengungkap bahwa pijat bisa mencegah demam dan influenza. Hal ini karena pijat ditengarai mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Melakukan pijat selama 45 menit akan meningkatkan kinerja sel darah putih untuk melindungi tubuh dari kuman dan penyakit.

4. Menjadi lebih waspada
Setidaknya salah satu penelitian pada tahun 1996 mengungkap bahwa pijat juga berkaitan dengan kekuatan otak. Peneliti menemukan bahwa orang lebih cepat dan lebih baik dalam mengerjakan soal matematika setelah mereka dipijat selama 15 menit dibandingkan dengan orang yang tidak dipijat.

5. Meredakan perawatan kanker
Penelitian yang dilakukan pada pasien kanker menemukan bahwa pijat bisa meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, mengurangi rasa lelah, cemas, mual, dan rasa sakit yang dirasakan pasien setelah melakukan perawatan kanker.

6. Menurunkan depresi
Sebuah penelitian pada tahun 2010 mengungkap bahwa melakukan pijat bisa menurunkan depresi. sekitar 17 penelitian telah menunjukkan bahwa pijat bisa memberikan efek positif pada orang yang mengalami depresi dan stres. Pijat bisa menurunkan tingkat hormon cortisol yang memicu stres dan penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, gula darah, dan obesitas.

7. Meredakan sakit kepala
Kekuatan dari sentuhan tampaknya tak hanya baik untuk tubuh, melainkan juga untuk kepala. Penelitian pada tahun 2002 menemukan bahwa terapi pijat bisa menurunkan rasa sakit kepala dan menyembuhkan sakit kepala yang sudah kronis. Sebuah penelitian kecil pada tahun 2012 pun mengungkap bahwa pijatan bisa menurunkan rasa sakit akibat migrain.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan melakukan pijat secara rutin. Sekarang Anda tak perlu ragu lagi untuk melakukan terapi pijat. Rasakan banyak manfaatnya untuk kebugaran tubuh dan kesehatan pikiran.
sumber http://www.merdeka.com/sehat/7-manfaat-pijat-rutin-untuk-kesehatan.html
 Silahkan baca jg tips supaya cepat hamil semoga bermanfaat bagi anda. aamiin