Kamis, 29 Mei 2014

Kenali masalah kesehatan lewat warna kotoran!

Membicarakan kotoran manusia saat ini masih dianggap sebagai hal yang menjijikkan. Namun jangan sampai antipati dengan hal ini. Karena kotoran manusia bisa memberikan sinyal mengenai masalah kesehatan yang Anda miliki.

Tak hanya bau, bentuk dan warna kotoran pun bisa memberikan petunjuk mengenai kesehatan tubuh. Beberapa perubahan pada warna kotoran bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Namun beberapa juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan yang serius.

Berikut adalah beberapa indikasi masalah kesehatan yang bisa dilihat melalui warna kotoran, seperti dilansir oleh Daily Mail (23/04).

1. Hijau
Kotoran berwarna hijau bisa disebabkan oleh mengonsumsi makanan yang memiliki pewarna hijau atau terlalu banyak makan sayuran hijau. Namun ini juga bisa jadi pertanda bahwa makanan terlalu cepat dicerna sehingga tak bisa diserap dengan sempurna. Tak hanya itu, kotoran berwarna hijau juga bisa menjadi efek samping saat Anda mengonsumsi minyak Anise atau suplemen zat besi.

2. Putih
Kotoran berwarna putih disebabkan oleh kurangnya cairan empedu yang bisa disebabkan oleh kelenjar empedu yang tersumbat. Tersumbatnya kelenjar empedu bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah batu ginjal. Selain terlihat melalui warna kotoran yang berwarna putih, gejala lainnya adalah warna urine yang gelap dan sakit perut.

3. Kuning
Bedakan kotoran berwarna kuning biasa dengan kuning yang terlihat berminyak dan berbau seperti telur busuk. Kotoran yang berbau seperti telur busuk biasanya disebabkan oleh terlalu banyaknya lemak yang dikonsumsi dan tidak bisa termetabolisme oleh tubuh. Ini juga bisa menjadi salah satu tanda saat Anda terkena penyakit coeliac dan sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

4. Hitam
Banyak faktor yang bisa menyebabkan kotoran berwarna hitam. Bisa jadi disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi atau ketika seseorang mengonsumsi suplemen zat besi. Meski begitu, warna ini bisa disebabkan oleh masalah yang lebih serius, yaitu adanya pendarahan di bagian atas saluran pencernaan. Pendarahan bisa disebabkan oleh tumor atau luka pada saluran pencernaan. Jika warna hitam disebabkan oleh pendarahan, biasanya kotoran akan terlihat seperti tar dan memiliki bau yang sangat tak sedap.

5. Warna lainnya
Beberapa warna lainnya adalah kotoran berwarna merah. Warna ini biasanya terjadi ketika seseorang mengonsumsi buah bit, tomat, dan cranberry. Namun warna merah juga bisa menjadi tanda adanya pendarahan pada saluran pencernaan bagian bawah.

Meski sulit dipercaya, kotoran seseorang juga bisa berwarna silver. Sayangnya, warna silver pada kotoran menandakan kesehatan pencernaan yang sangat buruk. Ini bisa disebabkan oleh tersumbatnya kelenjar empedu ditambah dengan pendarahan pada saluran pencernaan bagian atas. Jika seseorang melihat feses mereka berwarna silver, sebaiknya segera periksakan ke rumah sakit.

Itulah beberapa masalah kesehatan yang bisa Anda perhatikan melalui warna kotoran. Sekarang Anda mengetahui kesehatan pencernaan dengan cara melihat warna feses sendiri.
sumber  http://www.merdeka.com/sehat/kenali-masalah-kesehatan-lewat-warna-kotoran.html
Untuk info mengenai agar cepat punya anak bisa anda mampir agar cepat punya anak terimakasih