Sabtu, 27 Juni 2015

Berita Bola Argentina Mendominasi, Kolombia Bermain Tanpa Pola

Berita Bola Argentina Mendominasi, Kolombia Bermain Tanpa Pola

sumber berita Argentina Mendominasi, Kolombia Bermain Tanpa Pola : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/479f2934/sc/18/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A60C270C1530A310C29540A180C1480A0Cargentina0Emendominasi0Ekolombia0Ebermain0Etanpa0Epola/story01.htm
Argentina memastikan diri lolos ke babak semifinal Copa America 2015 setelah mengalahkan Kolombia pada Sabtu (27/6) pagi WIB. Albiceleste menang adu penalti dengan skor 5-4, usai bermain imbang 0-0 selama 90 menit.

Dalam laga yang dihelat di Estadio Sausalito, Vina del Mar, Chile, Argentina tampil mendominasi. Berdasarkan Whoscored, Lionel Messi dlkk. unggul penguasaan bola hingga 31%. Dalam agresivitas serangan pun Argentina unggul telak. 16 berbanding dua.

Terdapat perubahan mencolok dari gaya bermain Kolombia dibandingkan dengan gelaran Piala Dunia 2014 silam. Tidak ada lagi umpan-umpan panjang yang dipadukan dengan kecepatan. Kolombia lebih mengandalkan permainan fisik untuk membuat frustasi lawan.

Sial bagi Kolombia karena Argentina pun sudah berubah. Lewat pola 4-2-3-1 yang bisa berubah menjadi 4-3-3, permainan Argentina jauh lebih solid dan lebih cair. Duet poros ganda Javier Mascherano dan Lucas Biglia mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Keduanya mampu menjadi penahan pertama serangan lawan dan memberikan suplai bola ke lini serang.

Di sisi lain, Kolombia bermain seperti tanpa pola. Berdasarkan Whoscored, Pelatih Kolombia, Jose Pekerman menerapkan formasi 4-2-2-2 yang lebih dinamis dengan dua gelandang mengisi pos sayap saat bertahan. Saat permainan bergulir, tidak begitu jelas posisi berdiri para pemain Kolombia. Ini yang menjadi alasan mudahnya Kolombia kehilangan bola saat menyerang.

Meski Argentina mendominasi, Pekerman tidak menginstruksikan anak asuhnya untuk menekan lebih kuat agar Argentina melakukan kesalahan. Dengan dibiarkan berlama-lama membawa bola, Argentina bisa menyusun rencana serangan yang lebih matang, diawali pergerakan Mascherano dan Biglia.

Penuhnya Lini Tengah



Formasi Argentina vs Kolombia (Sumber: Whoscored.com)

Lewat 4-2-2-2, Pekerman memaksimalkan pergerakan empat gelandang, Victor Ibarbo, Juan Cuadrado, James Rodriguez, dan Alexander Meija, untuk menghalau serangan dari lini tengah. Jika Argentina mengalihkan serangannya ke salah satu sisi, satu dari empat gelandang yang paling dekat bergerak untuk menutup pergerakan lawan sebelum berhadapan langsung dengan fullback Kolombia.
Nuhun for visit Argentina Mendominasi, Kolombia Bermain Tanpa Pola