Jumat, 19 Juni 2015

Berita Bola Ini Prosedur Polisi untuk Usut Match Fixing Sepakbola Indonesia

Berita Bola Ini Prosedur Polisi untuk Usut Match Fixing Sepakbola Indonesia

sumber berita Ini Prosedur Polisi untuk Usut Match Fixing Sepakbola Indonesia : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/47625c0c/sc/3/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A60C190C14490A20C294710A90C760Cini0Eprosedur0Epolisi0Euntuk0Eusut0Ematch0Efixing0Esepakbola0Eindonesia/story01.htm
Jakarta - Setiap kali disodori pertanyaan "apakah siap mengusut dugaan adanya pengaturan pertandingan (match fixing) di sepakbola Indonesia", polisi selalu mengatakan ya. Lalu, bagaimanakah prosedurnya?

Berikut ini keterangan Kapolri Komjen Pol Badrodin Haiti di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (19/5/2015), terkait kembali maraknya isu match fixing, termasuk yang disebut-sebut mengarah pula pada timnas U-23 di SEA Games lalu:

"Jadi begini. Kita sedang melakukan penyelidikan karena kemarin datang ke sini belum membawa data-datanya, dan juga belum membuat laporan polisi, karena baru menginformasikan saja. Oleh karena itu, kita sudah sampaikan, kemungkinan nanti kalah ada korupsinya, kalau menyangkut (dana) APBD, ya ditangani oleh Tipikor. Tapi kalau misalnya pelanggaran lain, pidana umumnya ditangani oleh Pidum.

"(Apakah bisa tanpa menunggu laporan?) Ya sedang dilakukan penyelidikan. 'Kan prosesnya seperti itu. Penyelidikan dulu. Penyelidikan itu artinya mencari unsur-unsur perbuatan tersebut termasuk di dalam kategori pidana atau bukan. Nah, setelah nanti ada penyelidikan yang jelas, bahwa itu pelanggaran pidana, tentu saja itu dilakukan dan ditingkatkan (menjadi) penyidikan. Jadi, jangan terus menganggap langsung. Diperiksa saja belum,

"(Laporan tim Advokasi #IndonesiaVSMafiaBola) belum (diperiksa). Data-datanya saja belum disampaikan. Hanya lisan saja, sehingga tidak bisa membuat laporan polisi."

Nuhun for visit Ini Prosedur Polisi untuk Usut Match Fixing Sepakbola Indonesia