Selasa, 21 Juli 2015

Berita Bola 'De Gea Tetap Paling Ideal untuk Madrid Meski Sudah Ada Casilla'

Berita Bola 'De Gea Tetap Paling Ideal untuk Madrid Meski Sudah Ada Casilla'

sumber berita 'De Gea Tetap Paling Ideal untuk Madrid Meski Sudah Ada Casilla' : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/485393dd/sc/3/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A70C220C11270A30C297260A0A0C750Cde0Egea0Etetap0Epaling0Eideal0Euntuk0Emadrid0Emeski0Esudah0Eada0Ecasilla/story01.htm
Madrid - Meski sudah mendapatkan Kiko Casilla, Real Madrid dinilai masih perlu melanjutkan perburuannya terhadap kiper Manchester United David de Gea. De Gea disebut jadi sosok paling ideal untuk posisi kiper utama Los Blancos.

Isu Madrid-De Gea sudah bergulir untuk beberapa pekan, namun sejauh ini belum menemui titik terang. MU selaku pemilik penjaga gawang 24 tahun itu ogah melepaskannya dengan mudah. Kabarnya 'Setan Merah' menuntut dimasukkannya Sergio Ramos dalam paket negosiasi De Gea.

Pada prosesnya, Madrid malah merekrut kiper lain. Kiko Casilla didatangkan dari Espanyol untuk mengisi lubang yang ditinggalkan Iker Casillas, yang hijrah ke Porto. Namun demikian, perburuan terhadap De Gea dinilai tak sepatutnya berhenti.

Eks kiper Madrid dan tim nasional Spanyol Santiago Canizares menilai De Gea adalah sosok paling ideal untuk berdiri di bawah mistar Los Merengues. Pengalaman besar bersama MU dan timnas Spanyol jadi faktor paling besar.

"De Gea adalah kiper ideal untuk Real Madrid. United ingin dia memperbarui kontraknya tapi mereka belum mampu melakukan itu dan setelah musim baru, dia bisa pergi secara cuma-cuma," kata Canizares dikutip AS.

"Saya akan beritahu sesuatu, David de Gea adalah kiper dengan standar internasional. Dia adalah salah satu kiper terbaik di dunia. Dia bermain untuk Manchester United yang merupakan Real Madrid-nya Premier League."

"Ukuran gawang di Bernabeu memang sama persis dengan gawang-gawang lain di manapun. Tapi untuk sejumlah kiper, mereka tampak lebih besar jika kalian tahu yang saya maksud."

"Itulah kenapa saya punya kekaguman yang besar atas karier Iker Casillas di Madrid. De Gea punya kepribadian yang dibutuhkan untuk mengawal gawang Real Madrid," tambahnya.

Canizares pribadi tak menyebut bahwa Casilla jelek, hanya saja De Gea ada di level lain.

"Dia adalah kiper yang bagus yang punya atribut-atribut tertentu. Tapi dia bukan di level yang sama dengan de Gea. De Gea adalah kiper yang dibutuhkan Real Madrid, dia adalah pemain yang bisa memenangi laga-laga dan trofi-trofi," tandas sosok yang melejit bersama Valencia itu.
Nuhun for visit 'De Gea Tetap Paling Ideal untuk Madrid Meski Sudah Ada Casilla'

Berita Bola Ini Agenda Roma Selama di Jakarta

Berita Bola Ini Agenda Roma Selama di Jakarta

sumber berita Ini Agenda Roma Selama di Jakarta : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/48530560/sc/3/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A70C220C10A55110C29725580C760Cini0Eagenda0Eroma0Eselama0Edi0Ejakarta/story01.htm
Jakarta - Kurang dari tiga hari lagi AS Roma akan beraksi di Jakarta. Francesco Totti dkk. sudah ditunggu sejumlah agenda selama dua hari kunjungannya di ibu kota.

Roma akan melawat ke Jakarta usai menjalani tur pramusim di Australia. Di Australia, Roma ikut ambil bagian dalam turnamen pramusim International Champions Cup di mana mereka telah bertanding melawan Real Madrid dan Manchester City.

Skuat Roma dijadwalkan akan tiba di Jakarta pada hari Jumat (24/7) sekitar pukul 5 sore. Setelahnya, mereka akan langsung menuju tempat menginap di Hotel Shangri-La dan menggelar jumpa pers pada malam harinya.

Keesokan harinya, Sabtu (25/7), Roma akan memulai rangkaian 'AS Roma Indonesia Day 2015' dengan coaching clinic bersama 40 anak-anak yang telah terpilih. Coaching clinic ini akan dihadiri oleh salah satu staf pelatih Roma.

Setelahnya akan ada sesi meet and greet bersama penggemar. Sebanyak 80 orang pemegang tiket khusus akan mendapat kesempatan untuk bertemu langsung dengan para pemain Roma dan berfoto bersama.

Siang harinya, Roma akan menggelar sesi latihan tertutup di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Setelah kembali ke hotel sejenak untuk beristirahat, mereka akan kembali ke SUGBK di sore harinya untuk bersiap menjalani pertandingan eksibisi.

Pertandingan akan dimulai pukul 19.00. Dalam pertandingan tersebut, Roma yang membawa skuat intinya akan membagi timnya menjadi dua -- Tim AS Roma Merah dan Tim AS Roma Putih.

Harga tiket termurah untuk pertandingan ini dibanderol Rp 300.000 untuk Kategori 2. Di atasnya ada Kategori 1 yang dilepas dengan harga Rp 500.000.

Untuk kelas VIP, ada VIP Timur yang dijual dengan harga Rp 1.000.000 dan VIP Barat senilai 1.500.000. Sedangkan tiket paling mahal untuk kelas VVIP bisa didapat dengan harga Rp 2.400.000. Tiket bisa didapatkan di Indotix.

Nuhun for visit Ini Agenda Roma Selama di Jakarta

Berita Bola Kesuksesan Bisnis Transfer Pemain ala Sevilla

Berita Bola Kesuksesan Bisnis Transfer Pemain ala Sevilla

sumber berita Kesuksesan Bisnis Transfer Pemain ala Sevilla : http://sport.detik.com/sepakbola/read/2015/07/22/095704/2972479/1497/kesuksesan-bisnis-transfer-pemain-ala-sevilla
Sevilla belakangan ini menjadi bahan pembicaraan. Selain keberhasilannya menjuarai Liga Eeropa selama dua musim berturut-turut, klub top Spanyol ini juga dibicarakan karena kesuksesan mereka di pasar transfer pemain.

Sevilla menjadi begitu dikenal sebagai kesebelasan yang mampu mempromosikan bakat-bakat muda yang dimilikinya. Kebijakan pembinaan muda yang mereka kembangkan berhasil membuat Sevilla sehat secara finansial dan sehat secara prestasi. Uang dapat, trofi pun rutin mereka dapatkan.

Mereka punya stok pemain yang selalu siap diorbitkan. Menjual pemain potensial atau pemain kunci, tak pernah membuat Sevilla benar-benar keropos dan bangkrut secara mutu permainan.

Buktinya musim 2013/2014. Setelah menjuarai kompetisi Europa League, Sevilla harus ditinggal sejumlah pemain kunci seperti kapten Ivan Rakitic, Alberto Moreno dan Fedrico Fazio. Apakah Sevilla menurun? Tidak juga. Musim berikutnya, 2014/2015, mereka kembali menjuarai kompetisi tersebut.



Ramon Rodriguez Verdejo, atau dikenal sebagai Monchi, bisa dibilang sebagai aktor di balik kejayaan Sevilla. Monchi adalah direktur Sevilla yang ditunjuk pada 2000 untuk mengembangkan produk akademi klub dan memperluas jangkauan para pemandu bakat guna menjaring bakat-bakat sepakbola di luar dan dalam Spanyol.

Penunjukan Monchi, juga tugas yang diembankannya kepadanya dalam hal pembinaan pemain, bisa dibilang awalnya merupakan respons terhadap keterpurukan Sevilla. Ketika Monchi ditunjuk, Sevilla baru saja terdegradasi dari La Liga Spanyol.

Memilih Monchi bisa dibilang strategi brilian Sevilla untuk kembali menjadi klub papan atas lagi. Dan pilihan kepada Monchi juga tentu dengan mempertimbangkan banyak faktor secara matang. Monchi adalah kiper yang dibina oleh Sevilla sendiri. Ia juga hanya bermain untuk Sevilla di sepanjang karirnya. One man club.

Jadi, bisa dikatakan, Sevilla paham benar sistem pembinaan Sevilla (karena ia produk sistem itu sendiri) dan ia juga mengerti jiwa dan DNA Sevilla karena seluruh karirnya hanya dihabiskan bersama Sevilla.

Nuhun for visit Kesuksesan Bisnis Transfer Pemain ala Sevilla

Berita Bola Tak Pikirkan Masa Depannya, Goetze Fokus ke Bayern

Berita Bola Tak Pikirkan Masa Depannya, Goetze Fokus ke Bayern

sumber berita Tak Pikirkan Masa Depannya, Goetze Fokus ke Bayern : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/4852bce2/sc/12/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A70C220C0A819560C29723970C740Ctak0Epikirkan0Emasa0Edepannya0Egoetze0Efokus0Eke0Ebayern/story01.htm
Shanghai - Masa depan Mario Goetze saat ini tengah kencang dispekulasikan. Namun, Goetze tak mau memusingkan hal itu dan fokus untuk tampil lebih oke bersama Bayern Munich musim depan.

Performa kurang mantap yang diperlihatkan Goetze musim lalu membuatnya mulai kehilangan tempat di skuat Pep Guardiola. Hal ini yang memicu timbulnya isu Goetze mulai tak nyaman bermain untuk Bayern.

Otomatis beberapa klub pun mulai dihubung-hubungkan dengan Goetze, mulai dari Arsenal, Juventus, dan Manchester United. Bahkan Juve dkabarkan sudah mengajukan tawaran kepada Bayern untuk memboyong pesepakbola 23 tahun itu.

"Aku tidak perlu mengomentari soal itu," ujar Goetze singkat ketika ditanya soal spekulasi masa depannya.

Lebih lanjut, Goetze pun bertekad untuk tampil lebih oke musim depan dan membawa Bayern meraih titel Bundesliga keempat secara beruntun. Sebab Goetze menilai persaingan akan lebih sulit, terutama Borussia Dortmund yang bakal bangkit usai musim 2014/2015 yang buruk.

Musim lalu, Goetzemenjadi starter 28 kali di pertandingan Bundesliga, dan 4 kali turun sebagai pemain pengganti. Dari situ ia mencetak 9 gol dan membuat dua assist. Di musim sebelumnya ia tampil dalam 27 partai di liga, 20 di antaranya sejak menit pertama, serta menghasilkan 10 gol dan 8 assist.

"Tim-tim yang berada di papan atas klasemen selalu jadi lawan yang sulit. Kami tahu seperti apa sulitnya, khususnya sepanjang musim," sambung Goetze seperti dikutip Soccerway.

"Tidak ada tim yang pernah memenangi titel juara Bundesliga empat musim beruntun. Itu adalah misi utama kami, tapi juga memperlihatkan bagaimana sulitnya menjadi juara lagi."

"Saya pikir seluruh tim di papan atas mampu menjadi juara, jadi tentunya musim depan tidak akan berjalan mudah," tutupnya.


Nuhun for visit Tak Pikirkan Masa Depannya, Goetze Fokus ke Bayern

Berita Bola Drogba Jadi Rebutan Dua Klub MLS

Berita Bola Drogba Jadi Rebutan Dua Klub MLS

sumber berita Drogba Jadi Rebutan Dua Klub MLS : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/4851b1c8/sc/3/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A70C220C0A50A8580C29723550C730Cdrogba0Ejadi0Erebutan0Edua0Eklub0Emls/story01.htm
Montreal - Meski sudah tergolong uzur untuk ukuran striker, Didier Drogba rupanya masih menarik minat banyak klub. Buktinya dua klub Major League Soccer (MLS) tengah coba merayu Drogba untuk merumput di Amerika Serikat.

Drogba saat ini tengah berstatus bebas transfer usai kontraknya habis bersama Chelsea akhir musim lalu. Di umurnya yang sudah menginjak 37 tahun, kebanyakan striker-striker seumurannya memilih untuk pensiun.

Namun, Drogba rupanya masih memiliki magnet untuk klub-klub di Eropa maupun luar Eropa. Di Eropa, Drogba rupanya masih jadi incaran Inter Milan yang butuh "mentor" untuk Mauro Icardi.

Sementara dari luar Eropa, beberapa klub Timur Tengah dan Amerika Serikat tertarik merekrut Drogba. Dua klub AS, Chicago Fire dan Montreal Impact, sedang berebut tanda tangan eks pemain timnas Pantai Gading tersebut.

Klaim itu keluar dari mulut presiden Impact, Joey Saputo. Fire sebagai pesaing Impact dikabarkan bersedia memberi kontrak 18 bulan dengan gaji 2,5 juta dollar AS untuk Drogba.

"Saya sudah berbicara langsung kepada Didier. Kini keputusan akhir ada di tangannya. Ini di luar kuasa kami," ujar Saputo seperti dikutip Soccernet.

"Kami sudah melakukan apapun yang kami bisa untuk membawa Drogba ke Montreal. Saya tahu bahwa Fire juga bernegosiasi dengannya," sambungnya.

"Kita lihat apa yang akan terjadi. Saya berharap kami beruntung dan dia mau melanjutkan kariernya di sini."

"Saya rasa dia bisa membantu kami di berbagai level. Dia akan cocok dengan kami. Sebagai tambahan, kami memang berada dalam persaingan pasar yang ketat."
Nuhun for visit Drogba Jadi Rebutan Dua Klub MLS

Berita Bola Cambiasso Tinggalkan Leicester

Berita Bola Cambiasso Tinggalkan Leicester

sumber berita Cambiasso Tinggalkan Leicester : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/4851bf05/sc/13/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A70C220C0A4190A80C29723520C720Ccambiasso0Etinggalkan0Eleicester/story01.htm
Leicester - Cuma semusim Esteban Cambiasso memakai seragam Leicester City. Mulai musim depan gelandang Argentina itu tak lagi jadi bagian skuat The Foxes.

Cambiasso dikontrak secara cuma-cuma musim panas 2014 lalu oleh Leicester dengan durasi selama semusim. Meski sudah berumur 34 tahun, namun Cambiasso dinilai masih tampil dalam bentuk terbaiknya.

Dia jadi salah satu elemen penting dalam keberhasilan Leicester bertahan di Premier League. Cambiasso tampil 33 kali dan menyumbang lima gol.

Penampilan yang mana membuat manajemen Leicester terkesan dan lantas menawarkan perpanjangan kontrak pada Cambiasso. Bahkan manajer baru Leicester, Claudio Ranieri, juga turun langsung merayu Cambiasso untuk bertahan.

Namun, Cambiasso menolak penawaran itu dan memilih untuk hengkang dari King Power Stadium musim panas ini. Soal klubnya musim depan, eks pemain Inter Milan itu belum memberikan keputusan.

"Saya ingin mengumumkan bahwa saya sudah memutuskan tidak memperpanjang kontrak dengan Leicester City," tutur Cambiasso lewat akun facebook-nya seperti dikutip Sky Sports.

"Saya mengambil keputusan ini hanya 24 jam setelah mendapat proposal dari Leicester dan saya ingin memberi klub waktu yang cukup untuk menemukan alternatif lain."

"Saya ingin berterima kasih kepada seluruh fans, yang musim lalu membuat saya sangat bangga menjadi bagian dari klub ini, dengan semangat serta energi yang luar biasa."

"Dan terima kasih khusus kepada seluruh rekan setim saya, staf, dan seluruh orang-orang di klub ini, yang bersama-sama saya menjalani salah satu tahun penting dalam karier saya, yakni bertahan di Premier League."

"Terima kasih sebesar-besarnya untuk semua orang, saya akan terus mengingat Leicester City dan kalian semua di dalam hati saya," demikian Cambiasso.
Nuhun for visit Cambiasso Tinggalkan Leicester

Berita Bola Ketika Mueller dan Lahm Ditantang Juara Dunia Tenis Meja

Berita Bola Ketika Mueller dan Lahm Ditantang Juara Dunia Tenis Meja

sumber berita Ketika Mueller dan Lahm Ditantang Juara Dunia Tenis Meja : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/48511a09/sc/19/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A70C220C0A30A440A0C29723480C4240Cketika0Emueller0Edan0Elahm0Editantang0Ejuara0Edunia0Etenis0Emeja/story01.htm
Shanghai - Thomas Mueller dan Philipp Lahm tak hanya jago menggocek bola, tapi juga bisa bermain tenis meja. Kemampuan duo Bayern Munich itu diuji juara dunia pingpong di sela-sela tur pramusim tim mereka ke China.

Kemampuan Mueller di atas lapangan hijau tak perlu diragukan. Dia menceploskan 13 gol untuk Bayern musim lalu. Dia juga pemilik Golden Boot di Piala Dunia 2015 dengan koleksi lima gol. Begitu pula Lahm. Dia disebut-sebut sebagai bek terbaik pada generasinya di Jerman.

Tapi, Mueller dan Lahm ternyata juga jago bermain pingpong. Tenis meja menjadi kegiatan rutin yang biasa mereka lakukan di Sabaner Strasse.

Kemampuan Mueller dan Lahm itu mendapatkan 'ujian' saat Bayern melakoni tur pramusim di China. Mueller berpasangan dengan Lahm diuji oleh dua jagoan China, Wang Hao--tiga kali tampil di Olimpiade dan seorang juara dunia--dan Ding Ning, peraih medali emas Olimpiade 2012.

"Itu menyenangkan. Mereka tidak main serius-serius amat kok, kalau mereka main serius hasilnya tentu akan berbeda," kata Mueller seperti dikutip situs resmi klub.

"Itu jadi kesempatanku untuk belajar. Sungguh fantastis bisa mengembalikan bola lebih banyak ketimbang biasanya.

"Ini pertama kalinya kami berpasangan lho, biasanya kami jadi lawan. Pergerakan kami cukup oke kan tadi," ucap pemain 25 tahun itu.




Nuhun for visit Ketika Mueller dan Lahm Ditantang Juara Dunia Tenis Meja

Berita Bola Filipe Luis Menuju Pintu Keluar dari Chelsea

Berita Bola Filipe Luis Menuju Pintu Keluar dari Chelsea

sumber berita Filipe Luis Menuju Pintu Keluar dari Chelsea : http://sport.detik.com/sepakbola/read/2015/07/22/024457/2972347/72/filipe-luis-menuju-pintu-keluar-dari-chelsea
London - Hari-hari Filipe Luis sebagai pemain Chelsea akan mendekati akhir. Sebab manajer The Blues, Jose Mourinho, memastikan Luis akan dilepas di bursa transfer musim panas ini.

Masa depan Luis sebenarnya sudah dispekulasikan sebelum musim 2014/2015 berakhir. Alasannya adalah jam terbang yang minim sejak dia berseragam biru-biru musim lalu.

Total Luis hanya tampil 24 kali di seluruh kompetisi dan menyumbang satu gol. Bek asal Brasil itu kalah bersaing dengan Cesar Azpilicueta yang lebih sering dimainkan Mourinho.

Alhasil Luis pun mulai mempertimbangkan untuk mengakhiri masa baktinya di Stamford Bridge lebih cepat. Kebetulan Atletico Madrid, mantan klub Luis, berminat membawa pulang kembali ke Vicente Calderon.

Selain Atletico, ada juga Inter Milan yang berniat untuk menjadikan Luis sebagai bek kiri reguler untuk musim depan. Sampai saat ini Luis sendiri belum menentukan ke mana dia akan berlabuh.

Namun, yang pasti Luis tak akan lagi bersama John Terry dkk. musim depan karena Mourinho menegaskan akan menjual pesepakbola 29 tahu itu.

"Untuk saat ini kami butuh bek kiri, karena saya rasa kami akan menjual Filipe Luis saat ini atau besok, tapi saya rasa kami akan menjualnya," ujar Mourinho seperti dikutip Soccerway.

"Kami harus belanja pemain baru, kami harus mencari klub yang menerima tawaran kami hingga 31 Agustus mendatang, dan kami mencari bek kiri. Untuk posisi lain, kami sudah cukup," sambungnya.
Nuhun for visit Filipe Luis Menuju Pintu Keluar dari Chelsea

Berita Bola Lahm: Mueller Bisa Saja Tinggalkan Bayern

Berita Bola Lahm: Mueller Bisa Saja Tinggalkan Bayern

sumber berita Lahm: Mueller Bisa Saja Tinggalkan Bayern : http://sport.detik.com/sepakbola/read/2015/07/22/013216/2972344/74/lahm-mueller-bisa-saja-tinggalkan-bayern
Shanghai - Masa depan Thomas Mueller kini tengah dispekulasikan menyusul ketertarikan Manchester United. Kapten Bayern Munich, Philipp Lahm, mengaku Mueller bisa saja hengkang karena apapun dapat terjadi dalam sepakbola.

Mueller disebut-sebut jadi striker yang kini tengah diincar oleh manajer United, Louis van Gaal, meski dia tak mau menyebutkan nama pemain depan incarannya.

United bahkan siap menggelontorkan dana sekitar 100 juta euro untuk bisa mendapatkan pemain internasional Jerman itu. Selain Mueller, ada Pedro Rodriguez (Barcelona) dan Edinson Cavani (Paris St-Germain) yang juga jadi incaran United.

Rumor soal United meminati Mueller memang mengencang belakangan ini, menyusul keberhasilan klub tersebut mendatangkan Bastian Schweinsteiger. Padahal berkali-kali Mueller dan Bayern sudah menyanggah isu tersebut dan Mueller malah beberapa waktu lalu baru saja memperpanjang kontrak.

Isu tersebut tak luput dari pengamatan Lahm, yang juga rekan setim Mueller di Bayern. Bek 31 tahun itu mengaku Mueller bisa saja meninggalkan klub asal Bavaria tersebut, jika memang ada tawaran yang cocok.

"Anda bisa membayangkan apapun dalam sepakbola. Bukan saya yang memutuskan. Dalam sepakbola segalanya berjalan dengan sangat cepat," ujar Lahm seperti dikutip ESPN.

"Tidak selalu bergantung pada pemain. Ada klub yang bisa mendapatkan para pemain itu, maka pemain itu akan pergi," sambungnya.

"Dalam sepakbola segalanya berjalan sangat, sangat cepat. Saya rasa Anda tidak bisa menjamin bahwa ini akan berjalan seperti yang diinginkan."

"Maka dari itu, saya tidak bisa menjamin apakah Thomas Mueller bakal pergi atau tidak. Anda selalu dapat membayangkan segala hal mungkin saja terjadi."
Nuhun for visit Lahm: Mueller Bisa Saja Tinggalkan Bayern

Berita Bola Newcastle Datangkan Top Skorer Liga Belgia

Berita Bola Newcastle Datangkan Top Skorer Liga Belgia

sumber berita Newcastle Datangkan Top Skorer Liga Belgia : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/48504256/sc/21/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A70C220C0A0A5850A0C29723430C720Cnewcastle0Edatangkan0Etop0Eskorer0Eliga0Ebelgia/story01.htm
Newcastle - Newcastle United menambah amunisi di lini depannya untuk Premier League musim 2015/2015. Top skorer Liga Belgia musim lalu, Aleksandar Mitrovic, berhasil digaet dari Anderlecht.

Lini depan jadi masalah tersendiri untuk The Magpies musim lalu sehingga mereka harus bertarung di papan bawah, demi menghindar dari jeratan degradasi. Total hanya 46 gol dibuat Newcastle di seluruh ajang, dengan Papiss Cisse sebagai pemain tertajam lewat sumbangan 11 gol.

Untuk itulah Newcastle tak ingin kesulitan musim lalu terulang lagi dan setelah membeli winger PSV Eindhoven, Gregorino Wijnaldum, satu lagi pemain didatangkan untuk mempertajam lini serang mereka.

Dia adalah Mitrovic, pemain berusia 20 tahun yang musim lalu menjadi top skorer di Liga Belgia dengan 20 gol. Sayangnya Mitrovic gagal membawa Anderlecht menjadi juara, usai finis di posisi ketiga, di bawah Gent (juara) dan Club Brugge.

Mitrovic didatangkan dengan banderol 13 juta poundsterling untuk diikat kontrak berdurasi lima tahun. Pemain asal Serbia itu tinggal menuntaskan pengurusan izin kerja dari pemerintah Inggris.

"Tekanan sudah pasti Anda, tapi saya suka tekanan. Saya juga tahu soal pemain top yang pernah bermain untuk Newcastle United, seperti Alan Shearer yang seperti pahlawan buat saya. Saya berharap bisa seperti dia di klub ini. Akan jadi sebuah kehormatan," ujar Mitrovic seperti dikutip Sky Sports.

Selama dua musim memperkuat Anderlecth sejak 2013, Mitrovic produktif dengan 44 gol dari 90 laga. Opta mencatat, tak ada pemain di Liga Belgia yang punya catatan gol lebih banyak sejak kedatangan Mitrovic.


Nuhun for visit Newcastle Datangkan Top Skorer Liga Belgia

Berita Bola Van Gaal: Darmian Bakal Jadi Pelapis Valencia

Berita Bola Van Gaal: Darmian Bakal Jadi Pelapis Valencia

sumber berita Van Gaal: Darmian Bakal Jadi Pelapis Valencia : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/484fc14b/sc/3/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A70C210C2340A180C29723350C720Cvan0Egaal0Edarmian0Ebakal0Ejadi0Epelapis0Evalencia/story01.htm
Seattle - Matteo Darmian tak akan mudah untuk mendapat tempat di starting eleven Manchester United. Sebab Louis van Gaal masih akan memprioritaskan Antonio Valencia di posisi bek kanan.

Darmian didatangkan MU dari Torino di bursa transfer musim panas ini dengan banderol 12,9 juta poundsterling. Bek asal Italia tersebut diharapkan jadi jawaban atas pencarian 'Setan Merah' untuk pemain di posisi bek kanan.

Sebab musim lalu penampilan Rafael Da Silva dinilai mengecewakan dan membuat Van Gaal "terpaksa" memasang Valencia di posisi tersebut, meski pemain Ekuador itu berposisi asli sebagai winger kanan. Apalagi Valencia juga punya catatan buruk dalam melepaskan crossing, atribut yang wajib dimiliki oleh seorang bek sayap kanan.

Darmian, meski tak lebih baik dari Valencia dalam hal melepaskan crossing (baca analisanya di 'Apakah Darmian Pas untuk 'Setan Merah'?), namun bek 25 tahun itu punya kemampuan sama bagusnya, baik saat bertahan maupun menyerang.

Maka dari itulah Van Gaal pun rela mendatangkan Darmian yang lantas disambut positif oleh fans MU, yang memang merindukan sosok bek kanan berkualitas layaknya Gary Neville.

Namun, harapan fans untuk melihat Darmian ada di susunan tim inti tampaknya akan sulit kesampaian. Sebab Van Gaal rupanya masih akan memasang Valencia sebagai bek kanan pertamanya, dengan Darmian sebagai back-up.

"Kami membeli Matteo Darmian untuk menjadi pelapis Valencia dan karena cedera, (Paddy) McNair harus bermain di posisi itu," ujar Van Gaal seperti dikutip Daily Mail.

Darmian sudah memainkan debutnya saat MU menang 1-0 atas Club America di laga International Champions Cup hari Sabtu lalu. Dia bermain sebagai starter dan digantikan di babak kedua.


Nuhun for visit Van Gaal: Darmian Bakal Jadi Pelapis Valencia

Berita Bola Sterling Gemilang, Pellegrini Terkesan

Berita Bola Sterling Gemilang, Pellegrini Terkesan

sumber berita Sterling Gemilang, Pellegrini Terkesan : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/484fa1fd/sc/12/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A70C210C2215110C29723280C730Csterling0Egemilang0Epellegrini0Eterkesan/story01.htm
Melbourne - Raheem Sterling tampil gemilang dalam debutnya bersama Manchester City di Melbourne. Pelatih Manchester City, Manuel Pellegrini, pun optimistis Sterling bisa berkontribusi lebih signifikan di kompetisi resmi dengan dukungan para pilar The Citizens.

Sterling datang ke City sebagai pemain Premier League termahal. The Citizens harus menebus Sterling dari Liverpool dengan harga 49 juta poundsterling.

Dengan nominal itu dia sekaligus menjadi pembelian termahal City sepanjang sejarah. Dia juga diyakini bakal menerima gaji senilai 160 sampai 180 ribu poundsterling per pekan.

Kualitas Sterling mendapatkan ujian pertama saat City menghadapi AS Roma dalam lanjutan turnamen pramusim International Champions Cup (ICC) 2015 di Melbourne Cricket Ground, Melbourne pada Selasa (21/7/2015). Debut sempurna dibukukan dia dengan menceploskan gol pada menit ketiga, tepatnya di detik ke-137 meski baru bergabung dengan City pada 16 Juli.

Mendapatkan umpan matang dari Kelechi Iheanacho, Sterling sukses membobol gawang Roma yang dijaga Morgan De Sanctis. Di laga itu, City akhirnya menang dengan skor 5-4 lewat adu penalti.

Pellegrini pun memuji penampilan Sterling. Dia yakin Sterling bisa menjad pembeda City di pertandingan-pertandingan berikutnya.

"Seorang striker amatlah penting untuk bisa mencetak skor, khususnya membuat gol di menit-menit awal," kata Pellegrini seperti dikutip Sports Mole.

"Dia hanya tampil selama 45 menit setelah berlatih beberapa hari saja. Dia mendemonstrasikan alasan kenapa bisa ada di sini, tidak hanya di laga itu tapi saya rasa penampilan dia akan terus meningkat di masa datang. Apalagi bermain bersama Yaya Toure, David Silva, dan Sergio Aguero.

"Kami membeli dia karena dia memiliki masa depan yang bagus. Dia memiliki kecepatan yang tak kami miliki, so kami mempunyai cara bermain yang berbeda. Dia adalah pemain yang kami butuhkan dalam tim," ucap manajer asal Chile itu.


Nuhun for visit Sterling Gemilang, Pellegrini Terkesan

Berita Bola Gol Goetze Antarkan Bayern Menang Tipis 1-0 Atas Inter

Berita Bola Gol Goetze Antarkan Bayern Menang Tipis 1-0 Atas Inter

sumber berita Gol Goetze Antarkan Bayern Menang Tipis 1-0 Atas Inter : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/484ed5a0/sc/3/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A70C210C21250A0A0C29723230C730Cgol0Egoetze0Eantarkan0Ebayern0Emenang0Etipis0E10E0A0Eatas0Einter/story01.htm
Shanghai - Bayern Munich memetik kemenangan tipis 1-0 atas Inter Milan saat melakoni pertandingan ujicoba. Gol tunggal yang dikemas oleh Mario Goetze menjadi penentu kemenangan Die Roten.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Shanghai Stadium, Shanghai, China, Selasa (21/7/2015), Bayern dan Inter menurunkan beberapa pemain barunya sebagai starter.

Douglas Costa dipercaya oleh Josep Guardiola menjadi starter. Sementara itu, Geoffrey Kondogbia, Jeison Murillo, dan Martin Montoya, dipercaya oleh Roberto Mancini mengawali pertandingan.

Bayern tampil dominan sepanjang pertandingan. Mereka dicatat oleh Soccerway melakukan penguasaan bola sebanyak 68 persen. FC Hollywood juga mendapatkan 10 kali sepakan penjuru.

Soal percobaan, Bayern melepaskan 10 sepakan ke gawang. Tiga tepat sasaran, dan tujuh melenceng.

Sementara itu, Inter sama sekali tak mencatatkan satu sepakan tepat saran, dan cuma satu kali mencatatkan tendangan tak tepat sasaran.

Satu peluang Bayern yang membuahkan gol ada di menit 80. Goetze mendapatkan umpan matang dari lini tengah, bisa meloloskan diri dari jebakan offside. Dengan tenang, Goetze melewati kiper Inter, Juan Pablo Carrizo, untuk menceploskan gol kemenangan Bayern.

Di sisa pertandingan tak ada gol tambahan yang tercipta, Bayern pun menang dengan skor akhir 1-0.

Susunan Pemain

Inter: Handanovic (Carrizo, 61), Montoya (Gnoukouri, 61'), Ranocchia (Santon, 63), Murillo (Juan Jesus, 40), Dimarco (Andreolli, 55), Brozovic (Popa, 70), Kovacic (Delgado, 70), Kondogbia (D’Ambrosio, 46), Hernanes (Baldini, 70), Palacio (Longo, 55), Icardi (Nagatomo, 70).

Bayern: Neuer (Ulreich, 46), Bernat (Benko, 46), Benatia (Steinhert, 71), Boateng (Rafinha, 59), Alaba, Lahm (Hojbjerg, 40), Alonso (Kimmich, 46), Thiago (Gaudino, 67), Mueller (Gotze, 46), Lewandowski (Green, 73), Douglas Costa (Rode, 59)


Nuhun for visit Gol Goetze Antarkan Bayern Menang Tipis 1-0 Atas Inter

Berita Bola De Laurentiis dan Mimpi Mengitaliakan Napoli

Berita Bola De Laurentiis dan Mimpi Mengitaliakan Napoli

sumber berita De Laurentiis dan Mimpi Mengitaliakan Napoli : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/484ea7db/sc/3/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A70C210C20A360A40C29723140C14970Cde0Elaurentiis0Edan0Emimpi0Emengitaliakan0Enapoli/story01.htm
Pencapaian Napoli pada Serie A musim lalu tampaknya membuat Aurelio de Laurentiis, sang presiden, merasa tidak puas. Partonopei, julukan Napoli, harus berpuas diri karena cuma duduk di peringkat kelima pada klasemen akhir.

Alhasil mereka gagal mendapatkan kesempatan berlaga di Liga Champions 2015/2016. Padahal itulah target yang dibebankan Napoli kepada Rafael Benitez, pelatih Napoli kala itu.

Capaian Gokhan Inler dkk. itu lebih buruk dari musim sebelumnya. Pada musim 2013/2014, Benitez mampu membawa kesebelasan asuhannya menempati posisi ketiga, yang membuat mereka mengikuti kualifikasi Liga Champions.

Di musim itu pula Napoli berhasil menggondol juara Coppa Italia. Mereka meraih trofi itu dengan mengalahkan Fiorentina di final. Akan tetapi di musim lalu mereka terhenti di babak semifinal.

Ketika Benitez akhirnya memang hijrah ke Real Madrid, itu sepadan dengan ketidakpuasan De Laurentiis kepada Benitez. Sang Presiden pun mengganti pelatih asal Spanyol tersebut dengan Maurizio Sarri yang cuma memiliki rekam jejak melatih kesebelasan sekelas Empoli pada Serie A 2014/2015.

De Laurentis memang tipikal presiden yang tidak ragu melepas pelatih yang dianggapnya buruk. Contohnnya saja Edoardo Reja. Sebagai peramu taktik yang berjasa mempromosikan Napoli sejak masih berkutat di Serie C1 pada 2005 sampai berhasil kembali berkiprah di Serie A pada 2007, ia toh tetap dipecat oleh De Laurentis karena prestasi buruk pada musim 2008/2009.

Begitu juga dengan Roberto Donadoni. Mantan pemain AC Milan itu cuma sanggup bertahan tujuh bulan di Napoli, dari Maret sampai Oktober 2009. Ia didepak karena dianggap gagal membawa timnya ke papan atas Serie A.

Ambisi De Laurentiis memang sangat besar sejak mengakusisi Napoli pada 2004. Ia mengakuisisi Napoli tak lama setelah klub itu mengalami kebangkrutan. Sudah mengembalikan Napoli ke Serie A pun dirasa masih jauh dari cukup. Ia mengingingkan lebih. Ia ingin Napoli tetap berada di tiga besar, bahkan tak sunggan bermimpi merengkuh scudetto seperti yang terakhir kali diraih pada 1989/1990 bersama Diego Maradona.



Kombinasi ambisi dan otoritarianisme kepemimpinannya itulah yang membuatnya menjadi salah satu presiden sensasional dalam atmosfer Serie A. Hal sensasional yang sering dilakukannya yaitu komentar-komentar pedas terhadap kinerja wasit di Italia. Bahkan ia pernah meminta Federasi Sepakbola Italia, FIGC, untuk memeriksa Juventus Stadium karena diduga memiliki "terowongan rahasia" untuk Antonio Conte, yang kala itu masih membesut Juventus, agar bisa menyelinap ke ruang ganti kala menjalani masa hukuman.
Nuhun for visit De Laurentiis dan Mimpi Mengitaliakan Napoli

Berita Bola City Menang Adu Penalti Atas Roma

Berita Bola City Menang Adu Penalti Atas Roma

sumber berita City Menang Adu Penalti Atas Roma : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/484e07ae/sc/13/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A70C210C1913440C297230A30C730Ccity0Emenang0Eadu0Epenalti0Eatas0Eroma/story01.htm
Melbourne - Manchester City menuai hasil bagus saat melakoni laga lanjutan International Champions Cup 2015. Usai bermain imbang 2-2 selama 90 menit melawan AS Roma, City menang adu penalti dengan skor 5-4.

Saat melakoni pertandingan di Melbourne Cricket Ground, Melbourne, Selasa (21/7/2015) malam waktu setempat, The Citizens langsung menurunkan pemain barunya, Raheem Sterling.

Sterling cuma butuh waktu tiga menit untuk menunjukkan diri pantas dibeli dengan harga mahal. Pesepakbola 20 tahun itu mencetak gol ke gawang Roma.

Meneruskan umpan daerah dari Kelechi Iheanacho, Sterling bisa meloloskan diri dari jebakan offside. Dengan tenang dia menceploskan bola masuk ke gawang yang dikawal Morgan De Sanctis.

Roma tak butuh waktu lama untuk menyamakan kedudukan. Miralem Pjanic membalas lima menit kemudian. Meneruskan umpan Gervinho, dia melepaskan sepakan jarak jauh yang menghujam gawang yang dikawal Willy Caballero.

Sepanjang babak pertama, City memang tampak ingin memanfaatkan kecepatan yang dimiliki oleh Sterling. Sisi sayap kiri menjadi tumpuan serangan tim besutan Manuel Pellegrini itu.

Meski cuma dua kali melakukan sepakan ke gawang pada babak pertama, Sterling cukup merepotkan barisan pertahanan Roma. Di babak kedua, Sterling digantikan oleh Brandon Barker.Next

Nuhun for visit City Menang Adu Penalti Atas Roma

Berita Bola City Menang Adu Penalti Atas Roma

Berita Bola City Menang Adu Penalti Atas Roma

sumber berita City Menang Adu Penalti Atas Roma : http://sport.detik.com/sepakbola/read/2015/07/21/191344/2972303/73/city-menang-adu-penalti-atas-roma
Melbourne - Manchester City menuai hasil bagus saat melakoni laga lanjutan International Champions Cup 2015. Usai bermain imbang 2-2 selama 90 menit melawan AS Roma, City menang adu penalti dengan skor 5-4.

Saat melakoni pertandingan di Melbourne Cricket Ground, Melbourne, Selasa (21/7/2015) malam waktu setempat, The Citizens langsung menurunkan pemain barunya, Sterling.

Sterling cuma butuh waktu tiga menit untuk menunjukkan diri pantas dibeli dengan harga mahal. Pesepakbola 20 tahun itu mencetak gol ke gawang Roma.

Meneruskan umpan daerah dari Kelechi Iheanacho, Sterling bisa meloloskan diri dari jebakan offside. Dengan tenang dia menceploskan bola masuk ke gawang yang dikawal Morgan De Sanctis.

Roma tak butuh waktu lama untuk menyamakan kedudukan. Miralem Pjanic membalas lima menit kemudian. Meneruskan umpan Gervinho, dia melepaskan sepakan jarak jauh yang menghujam gawang yang dikawal Willy Caballero.

Sepanjang babak pertama, City memang tampak ingin memanfaatkan kecepatan yang dimiliki oleh Sterling. Sisi sayap kiri menjadi tumpuan serangan tim besutan Manuel Pellegrini itu.

Meski cuma dua kali melakukan sepakan ke gawang pada babak pertama, Sterling cukup merepotkan barisan pertahanan Roma. Di babak kedua, Sterling digantikan oleh Brandon Baker.Next

Nuhun for visit City Menang Adu Penalti Atas Roma

Berita Bola Van Gaal Rahasiakan Striker Buruan MU

Berita Bola Van Gaal Rahasiakan Striker Buruan MU

sumber berita Van Gaal Rahasiakan Striker Buruan MU : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/484db517/sc/3/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A70C210C180A8340C29722840C720Cvan0Egaal0Erahasiakan0Estriker0Eburuan0Emu/story01.htm
San Jose - Manchester United saat ini sedang mengejar seorang striker. Tapi, manajer The Red Devils, Louis van Gaal, tak mau mengungkapkan identitas striker yang tengah menjadi incaran itu.

MU sudah kehilangan dua amunisi lini depan. Robin van Persie hijrah ke Fenerbahce, sementara Radamel Falcao kembali ke AS Monaco setelah masa pinjamannya habis. Pada akhirnya, Falcao pindah ke Chelsea dengan status pemain pinjaman juga.

Sempat bilang takkan mendatangkan striker lagi, Van Gaal mengoreksi ucapannya. Sebelumnya, meneer Belanda itu bilang akan mengoptimalkan Wayne Rooney sebagai striker tengah.

Selain itu, Van Gaal juga akan memberikan kesempatan untuk Javier Hernandez dan mengoptimalkan James Wilson guna mengisi barisan depan.

Soal striker buruan kali ini, Van Gaal menyebutkan bahwa dia bukan seperti yang dituliskan oleh media. MU sempat dikait-kaitkan dengan Edinson Cavani, Pedro Rodriguez, dan juga Gonzalo Higuain.

"Dia sedang dalam proses. Ini bukan striker yang sudah ditulis media. Anda harus menunggu," ucap Van Gaal di Sky Sports.

"Periode transfer masih sampai 31 Agustus mendatang. Anda harus menunggu," imbuhnya.


Nuhun for visit Van Gaal Rahasiakan Striker Buruan MU

Berita Bola Suarez Berharap Pedro Tetap di Barca

Berita Bola Suarez Berharap Pedro Tetap di Barca

sumber berita Suarez Berharap Pedro Tetap di Barca : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/484c84a5/sc/3/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A70C210C1559340C29722270C750Csuarez0Eberharap0Epedro0Etetap0Edi0Ebarca/story01.htm
Los Angeles - Masa depan Pedro Rodriguez kerap dispekulasikan pada bursa transfer di musim panas tahun ini. Luis Suarez berharap striker 27 tahun itu bakal bertahan di skuat Barcelona.

Pedro tak mendapatkan banyak waktu bermain bersama Barca musim lalu. Dia kalah bersaing dengan Neymar, Lionel Messi, dan Suarez.

Pedro memang bermain sebanyak 35 kali, tapi 20 di antaranya dimulai dari bangku cadangan. Dia cuma menyumbangkan lima gol untuk Los Cules.

Dengan waktu bermain yang minim itu, wajar kalau Pedro ingin hengkang. Manchester United dan Chelsea pernah disebut menjadi klub peminatnya.

Soal masa depan Pedro, Suarez mempunyai harapan lain. Dia ingin rekan setimnya itu tak meninggalkan Camp Nou.

"Persoalan Pedro merupakan keputusan individu. Dia sudah bertahun-tahun di klub, dia sudah memenangi banyak gelar, dan keputusannya akan dihormati," ucap Suarez di Marca.

"Tapi, sebagai rekan setim jelas saya ingin Pedro bertahan karena tingkat kepentingan yang dia miliki di level grup," imbuhnya.


Nuhun for visit Suarez Berharap Pedro Tetap di Barca

Berita Bola Terlibat Pengaturan Skor di SEA Games, Seorang WNI Dipenjara 30 Bulan

Berita Bola Terlibat Pengaturan Skor di SEA Games, Seorang WNI Dipenjara 30 Bulan

sumber berita Terlibat Pengaturan Skor di SEA Games, Seorang WNI Dipenjara 30 Bulan : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/484c0738/sc/3/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A70C210C1416420C2972160A0C730Cterlibat0Epengaturan0Eskor0Edi0Esea0Egames0Eseorang0Ewni0Edipenjara0E30A0Ebulan/story01.htm
Singapura - Seorang warga negara Indonesia, Nasiruddin, dihukum penjara 30 bulan di Singapura, karena pengaturan skor di SEA Games 2015. Laga Timor Leste versus Malaysia merupakan laga yang hendak diatur skornya.

Praktek pengaturan skor di SEA Games terungkap setelah Biro Invastigasi Praktik Korupsi Singapura (CPIB), menangkap salah seorang oknum yang terlibat pengaturan skor sebelum SEA Games berlangsung. Hal itu disampaikan pada akhir Mei lalu.

Sebagai tindak lanjutnya, ada tiga orang yang ditangkap terkait match fixing. Manajer tim nasional Timor Leste Orlando Marques Henriques Mendes, Nasiruddin, dan satu orang warga negara Singapura bernama Rajendran, merupakan ketiga orang itu.

Dalam pernyataan CPIB, Nasiruddin disebutkan terlibat dalam usaha penyuapan kepada Orlando sebesar 15 ribu dollar AS. Upaya penyuapan itu dilakukan di Orchid Country Club pada 28 Mei, atau dua hari sebelum Timor Leste meladeni Malaysia.

Selain kasus penyuapan Orlando, Nasiruddin juga diduga terlibat dalam usaha penyuapan skuat timnas Timor Leste lainnya.

"Singapura tak memberikan toleransi pada korupsi, dan pengaturan skor dalam bentuk apapun tak diperbolehkan di Singapura," bunyi pernyataan CPIB yang dilansir oleh Asia One.

Nuhun for visit Terlibat Pengaturan Skor di SEA Games, Seorang WNI Dipenjara 30 Bulan

Berita Bola Francesco Totti: Pangeran yang Masih Memimpin Prajurit Roma

Berita Bola Francesco Totti: Pangeran yang Masih Memimpin Prajurit Roma

sumber berita Francesco Totti: Pangeran yang Masih Memimpin Prajurit Roma : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/484b4287/sc/3/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A70C210C13360A40C29721530C14970Cfrancesco0Etotti0Epangeran0Eyang0Emasih0Ememimpin0Eprajurit0Eroma/story01.htm
Memasuki musim 2015/2016, kita tak akan lagi melihat Steven Gerrard berseragam Liverpool. Pemain berusia 35 tahun tersebut memilih untuk meninggalkan The Reds yang sudah dibelanya sejak 1987 (akademi), atau 1998 saat menjadi pemain profesional. Gerrard memilih untuk meanjutkan karier bersama kesebelasan asal Amerika Serikat, Los Angeles Galaxy.

Berakhirnya loyalitas Gerrard bersama Liverpool pun dibarengi dengan berakhirnya pengabdian Xavi Hernandez bersama Barcelona. Xavi, yang pertama kali masuk akademi Barca pada 1991, meninggalkan Blaugrana untuk membela kesebelasan asal Qatar, Al Sadd.

Tak bisa dimungkiri, iming-iming pendapatan yang berlimpah di usia senja tentu menjadi pertimbangan penting bagi Gerrard dan Xavi. Di usia mereka yang sudah semakin renta sebagai pemain, tidak banyak kemungkinan mendapatkan penghasilan besar. Mereka memang pemain top, tapi di usia yang sudah tidak muda lagi, mereka tak bisa diharapkan bermain terus-menerus dalam iklim kompetisi yang ketat dan padat.

Hijrah ke MLS dan Qatar merupakan jalan tengah yang cukup sempurna, bukan hanya bagi keduanya saja, tapi juga untuk para pemain top lain yang masih ingin bermain sepakbola tapi sudah tak cukup kompetitif dengan kompetisi yang padat dan ketat. Mereka juga masih menerima bayaran yang besar. Ini akan menjadi bekal pensiun yang memadai, tentu saja.

Tapi hengkangnya Gerrard dan Xavi dari kesebelasan yang membesarkan namanya bukan menjadi pertanda bahwa loyalitas seorang pesepakbola telah mati di era modern ini. Di ibukota Italia, terdapat seorang pemain yang masih mengedepankan loyalitas di atas segalanya. Ya, loyalitas, itulah yang selama ini dipegang teguh Francesco Totti bersama AS Roma.



Masih Akan Menjadi Andalan Roma

Usia Totti tentunya sudah tak lagi muda. Bahkan jika dibandingkan dengan Xavi dan Gerrard, umur Totti lebih tua dibanding keduanya. Pada 27 September tahun ini, usia Totti sudah mencapai 39 tahun, setahun lagi menjelang kepala empat. Ini artinya, Xavi dan Gerrard masih tiga atau empat tahun lebih muda daripada Totti.

Memasuki usianya yang sudah di penghujung 30-an ini, Totti nyatanya masih menjadi penggawa Roma. Bahkan lebih dari itu. Musim lalu, kapten Roma itu masih menjadi andalan timnya, yang pada akhir musim menjadi runner-up Serie A di bawah Juventus.

Totti menjadi pencetak gol terbanyak Roma dengan 10 gol, dengan rincian delapan di Serie A dan dua di Liga Champions. Torehan tujuh assist-nya pun melengkapi pencapaian Totti pada musim yang lalu yang memiliki total penampilan mencapai 36 kali.

Belum ada penyerang yang bisa menggantikan Totti sebagai andalan Roma di lini depan. Musim lalu, Seydou Dombia hanya mampu mencetak dua gol setelah kedatangannya pada bulan Januari. Sementara Mattia Destro kalah bersaing dengan sang kapten sehingga ia harus hengkang ke AC Milan untuk mendapatkan menit bermain yang lebih banyak.

Pada musim yang baru, Roma boleh saja tengah berusaha untuk mendatangkan penyerang yang bisa menjadi andalan di lini depan selain Totti, seperti Edin Dzeko dari Manchester City. Tapi, ada striker baru atau tidak, Totti tetap akan menghiasi skuat Roma pada musim depan.

Untuk urusan skill mengolah bola, Totti masih dalam keadaan prima meski ia menjelang berusia 40 tahun. Visi bermainnya, tendangan akuratnya, operan-operan terukurnya, eksekusi penalti, dan pergerakannya untuk membuka ruang masih bisa diandalkan. Itulah yang sempat memunculkan perdebatan bahwa rasanya Totti masih layak membela timnas Italia pada Piala Dunia 2014.

Banyaknya dukungan pada Totti untuk turut serta dalam skuat timnas Italia ke Piala Dunia 2014 yang dihelat di Brasil itu tak membuat pelatih timnas Italia saat itu, Cesare Prandelli, memanggilnya. Prandelli akhirnya lebih memilih Mario Balotelli sebagai ujung tombak Gli Azzurri. Keputusan itu semakin dikritik setelah Italia gagal melewati fase grup dan Balotelli tidak bisa menampilkan performa terbaiknya.

Totti sendiri sebenarnya memilih pensiun lebih dini bersama timnas Italia. Ia pensiun pada 20 Juli 2006 atau setelah menjadi bagian skuat timnas Italia yang menjadi juara Piala Dunia 2006. Saat itu, Totti baru berusia 30 tahun.



"Masalah utama saya adalah kekuatan fisik," ungkap Totti saat mengumumkan keputusan pensiunnya dari timnas. "Saya kemudian berkesimpulan bahwa saya tak bisa lagi bermain di banyak laga dalam setahun. Saya harus mengorbankan sesuatu. Dan sayangnya, saya harus mengorbankan tim nasional karena saya tak bisa menyerah untuk Roma. Roma adalah prioritas saya."

Hilangnya Totti dari skuat timnas Italia sempat membuat Italia kesulitan mencari pengganti sepadan. Hingga pada akhirnya, Totti menawarkan diri untuk kembali membela timnas tapi hanya untuk pertandingan-pertandingan penting saja seperti Piala Dunia atau Piala Eropa. Namun opsi itu tak diambil oleh pelatih timnas Italia, baik itu Roberto Donadoni maupun Prandelli.

Tapi, Totti tak berkecil hati atas keputusan pelatih-pelatih timnas Italia yang tak memanggilnya untuk turnamen-turnamen besar. Karena bagaimanapun, ia tetap mengedepankan masa depannya sendiri bersama Roma yang amat dicintainya.

Kapan Totti Pensiun?

Musim 2015/2016 akan menjadi musim yang ke-24 Totti bersama AS Roma. Pencapaian ini akan menyamai pencapaian Ryan Giggs (Manchester United), Bob Crampton (Blackburn Rovers), Konstantin Lyaskovskiy (CSKA Moskow), Paolo Maldini (AC Milan), Max Morlock (FC Nuremberg), Ted Sagar (Everton), dan Humood Sultan (Muharraq Club), sebagai pemain dengan one-club men terlama kedua sepanjang sejarah sepakbola.

Untuk menjadi pemain one-club men terlama sepanjang sejarah, Totti membutuhkan tiga musim lagi untuk membela AS Roma. Saat ini, rekor terlama dipegang oleh Sait Altinordu yang membela kesebelasan Turki, Altinordu S.K., selama 27 tahun pada 1929 hingga 1956.

Lantas, bisakah Totti melakukannya? Jika ia konsisten pada apa yang pernah ia ungkapkan pada 2013 lalu, Totti bisa saja memecahkan rekor tersebut. Dua tahun lalu, setelah mencetak gol ke 225-nya di Serie A yang menyamai rekor Gunnar Nordahl, ia mengatakan akan coba memecahkan rekor 274 gol legenda Italia, Silvio Piola.

"Melewati Piola? Saya akan pensiun jika saya berhasil melakukannya," ujar Totti saat itu.



Saat ini, atau dua tahun kemudian, Totti telah menambah pundi-pundi golnya menjadi 243. Ini artinya, ia masih membutuhkan 31 gol lagi untuk menjadi pemain dengan gol terbanyak di Serie A sepanjang sejarah.  Jika melihat musim lalu, di mana ia hanya mencetak delapan gol di Serie A, mungkin Totti membutuhkan empat musim lagi untuk menaklukkan Piola. Jika benar begitu, secara bersamaan ia juga akan berhasil menaklukkan rekor Altinordu sebagai one-club men terlama.

Secara pribadi, Totti mungkin bisa saja melakukannya. Apalagi ia pernah mengatakan akan bersama Roma baik di dalam lapangan, di bangku cadangan, di manapun. Totti memang menjadikan Giallorossi sebagai jalan hidupnya.

"Adalah ambisi terbesar saya untuk selalu terikat dengan warna ini (Roma). Saya tetap akan mendukung Roma di dalam lapangan, di bench, maupun di tempat mereka yang sedang atau akan mengenakan seragam ini. Saya selalu berhasrat dan memimpikan yang terbaik untuk tim ini," papar Totti lewat akun Facebook-nya pada akhir April 2015 lalu.

Maka pertanyaan ‘kapan Totti pensiun?’ menjadi pertanyaan yang sulit ditemukan jawabannya. Karena berdasarkan pernyataannya di atas, selama Totti masih bisa berlari dan dibutuhkan oleh Roma, Totti tetap akan menjadi penggawa Roma dan tak akan mengakhiri kariernya sebagai pesepakbola meskipun kontraknya bersama Roma akan berakhir pada pertengahan 2016.

"Saya lahir untuk bermain sepakbola dan akan mati dengan melakukan hal yang sama. Maka tidak dapat dimungkiri, bahwa saya akan terus berada di permainan ini, melakukan sesuatu dan berbicara tentang sepakbola. Saya akan 'melempar handuk' jika saya jika saya mulai sering melakukan kesalahan demi kesalahan," ucap Totti kepada GQ.



Menjadi Pangeran Roma Sampai Pensiun

Meski sudah semakin uzur, kemampuannya masih sempat membuat beberapa kesebelasan Major League Soccer (MLS) atau kesebelasan-kesebelasan Timur Tengah tertarik untuk menggunakan jasanya. Tapi, ternyata ucapan Totti soal ambisinya yang ingin memberikan yang terbaik untuk Roma hingga akhir kariernya bukan isapan jempol belaka.

Pada akhirnya, Totti mengajarkan kita bahwa loyalitas pada klub yang membesarkan namanya masih ada di tengah sepakbola yang semakin bergelimang kemewahan ini. Totti, meski bersama Roma ia hanya meraih satu trofi Serie A, dua trofi Piala Super Italia, dan dua trofi Coppa Italia dalam 23 tahun kariernya, tak tertarik untuk berganti seragam lain yang menawarkan prestasi atau kekayaan berlimpah.

Ya, Totti akan tetap menjadi penggawa Roma, akan tetap menjadi Pangeran Roma, hingga pengujung kariernya. Hingga Roma tak lagi membutuhkan tenaganya, yang rasanya masih menjadi teka-teki karena Totti, setidaknya hingga musim lalu, masih menjadi pemain yang begitu diandalkan untuk memimpin prajurit-prajurit Roma dengan segala kemampuan dan ketidakmampuannya.

===
*Penulis anggota redaksi @PanditFootball dengan akun Twitter: @ardynshufi

Nuhun for visit Francesco Totti: Pangeran yang Masih Memimpin Prajurit Roma